Minggu, 15 Januari 2023

Apakah Menjadi Dewasa Sulit?

katanya, dewasa itu soal waktu. soal bagaimana kita mengikuti alur kehidupan. namun ternyata, dewasa bukan melulu tentang waktu. Hal ini perihal ketangguhan kita melawan semua takdir yang datang. dipaksa untuk dewasa. mungkin itu yang lebih tepat. berjuang menaklukkan keegoisan diri. dihantam bertubi-tubi oleh alam. itu yang membentuk karakter dewasa sebenarnya. dibentuk oleh rasa kekecewaan. tanggung jawab dan rasa dibebani. dari sini kita jadinya belajar. namun, terlepas dari semua itu, tuhan maha baik. Banget malah. dia bahkan tau apa yang di butuhkan makhluknya. Makanya Dia mempersiapkan mental yang kuat dari sekarang. barangkali memang ini cara tuhan mengubah fase makhluknya.

tuhan ga akan merubah suatu kaum, kecuali kaum tersebut yang mengubah dirinya. ini soal kebiasaan.  makhluk bernama manusia yang selalu siap diuji oleh tuhan. kebiasaan memegang tanggung jawab. kebiasaan mengolah amarah. dan kebiasaan-kebiasaan lainnya. jadi, sama tuhan kita dibiasakan untuk kuat. dalam artian, bila ada peristiwa seperti ini lngi, kamu sudah siap melewatinya karena sudah punya pengalaman dari terbiasa menghadapinya.

contoh, seseorang yang rumahnya bersih, rapi dan wangi dari ini adlaah bukti kalau pemilik rumahnya adalah orang yang rapi. seseorng yang tubuhnya atletis membuktikan bahwa dia rajin berolahraga. dan seseorang penulis menandakan bahwa dia banyak menulis. umpanya, bagi pemilik rumah membersihkan rumahnya selama 7 jam dalam 1 hari, namun yang terjadi hari berikut dia tidak membersihkan rumahnya, hasilnya bisa kita tebak rumah yang ada tidak akan se indah apabila di bersihkan secara berkala. seseoarang yang berolahraga 1 hari full umpamanya, dan hanya pada hari itu saja selama 2 minggu, otot yang akan dibentuk tidak akan pernah terjadi. semua terbentuk dari kebiasaan. meskipun itu kecil dan secara kasat mata tidak kita sadari, mungkin hasilnya bukan hari ini atau bulan depan. tapi yang pasti dari kebiasaan itu kamu sudah menabung untuk dirimu sendiri. bisa jadi, 10 tahun lagi kamu akan menjadi apa yang kamu inginkan.

sama halnya juga, tuhan memberikan ini semua agar kita terbiasa melewatinya. melewati masa-masa sulit. penuh tekanan, pengasingan, penolakan, dan lainnya karena Dia akan membentuk kita menjadi apa yang kita inginkan. 


Tuhan tau yang terbaik untuk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengamalan Trilogi Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid

Bagaimana aku menjalani hidup, prinsipku sederhana. amalkan trilogi. cukup. ini yang sering dijelaskan oleh guru agamaku di asrama. trilogi ...