Jumat, 20 Januari 2023

Biografi K.H Zuhri Zaini, Pengasuh pondok Pesantren Nurul Jadid

K.H Muhammad Zuhri Zaini-atau yang sering disebut Kyai Zuhri merupakan pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton Probolinggo. 2000-Sekarang. Beliau merupakan putra ke-5 dari pasangan K.H Zaini Mun'im dan Nyai nafi'ah.

Sampai saat ini, dengan usia beliau yang menginjak ke-71, seakan usia bukanlah batas melakukan pengabdian pada Pesantren yang didirikan oleh Ayah beliau. Saat ini beliau tercatat sebagai pengasuh ke-4. setelah sebelumnya pesantren tersebut diasuh oleh ayahanda dan saydara-sauara beliau. 

Pengasuh I : K.H Zaini Mun'im (pendiri)

Pengasuh II : K.H Hasyim Zaini (putra pertama)

Pengasuh III : K.H Abdul Wahid Zaini (putra ke-2)

Pengasuh IV : K.H Moh Zuhri Zaini (putra ke-5)

Lebih lanjut, kyai yang terkenal dengan kesederhanaan dan ketataannya ini lahir di Probolinggo, 5 Oktober 1952. Adapun saudara-saudara beliau yaitu:

1. K.H Hasyim Zaini (Alm)

2. K.H Abdul Wahid Zaini (Alm)

3. Ny. Hj Aisyah Zaini

4. K.H fadlurrahman Zaini (Dewan Pengasuh)

5. K.H Zuhri Zaini 

6. K.H Abdul Haq Zaini (Alm)

7. K.H Nur Khotim Zaini

Beliau menikah dengan Ny. Bisyaroh Syuhud dan dikaruniai 5 orang putra,

1. Ny. Hikmah kamiliyah (Alm)

2. Ny. Hj hanunah Nafi'iyah (Alm)

3. Ny Wahbatur rahmaniyah

4. Gus Imdad Rabbani

5. Gus Muhammad Itsbat Syuhudi

Sebuah buku berjudul Selayang pandang pondok Pesantren Nurul jadid, menerangkan bahwa baliau (Kyai Zuhri) pernah mengenyam pendidikan di ADIPNU (Akademi Dakwah Nahdlatul Ulama') dan PTID (Perguruan Tinggi Ilmu Dakwah) Nurul Jadid. Dari studi ini, beliau akhirnya menyandang gelar Bachelor of Art (B.A).

Beliau merupakan kyai yang sederhana dan menyukai pakaian putih. terbukti hampir dalam kesehariannya beliau menggunakan pakai putih. Mulai dari sarung putih, baju koko putih dan peci putih. beliau juga termasuk tokoh yang menjunjung tinggi niali toleransi. seperti dawuh beliau "Kita hidup di masyarakat pasti ada perbedaan suku dan agama. Kita harus menghargai. Akan tetapi menghargai bukan berarti menyetujui"

WallahuA'lam

Baca: Biografi K.H fadllurrahman Zaini, Kakak Kyai Zuhri Zaini

Baca: Cara Agama Mengatasi Stres

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengamalan Trilogi Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid

Bagaimana aku menjalani hidup, prinsipku sederhana. amalkan trilogi. cukup. ini yang sering dijelaskan oleh guru agamaku di asrama. trilogi ...